Letak Geologis Indonesia

  1. LETAK GEOLOGIS

Berdasarkan letak geologis, yaitu letak yang berdasarkan jenis batuan tanah pegunungan, Indonesia berada di tiga daerah yaitu :

  • Di bagian Barat berada di Daerah Sunda Plat atau Dangkalan Sunda
  • Di bagian Timur berada di Daerah Sahui Plat atau Danqkalan Sahul
  • Di bagian Tengah berada di Daerah Laut Tengah Austral Asiatis

Ini memberi petunjuk kepada kita, bahwa geologi Indonesia bagian Barat termasuk Benua Asia, sedang di bagian Timur termasuk Benua Australia. Sedang geologi di bagian Tengah menunjukkan gejala yang lebih tuardaripada bagian Barat dan Timur. Daerah Tengah ini bisa juga disebut daerah Laut Tengah Austral-Asiatis atau daerah WALLACE (WALLACEA). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini :

Menurut teori lempeng tektonik, Indonesia berada di pertemuan 3 lempeng utama dunia, yaitu lempeng eurasia, lempeng indo-australia dan lempeng pasifik. Lempeng eurasia dan lempeng indo-australia bertumbukan disepanjang garis dekat pantai barat Sumatera, lalu membelok melalui pantai selatan Jawa, Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara dan berakhir di kepulauan Maluku. Tumbukan lempeng ini menyebabkan lempeng Indo-Australia menunjam di bawah lempeng Eurasia akibat masa jenisnya yang lebih berat, dan menyebabkan terjadinya deretan pegunungan mediterania disepanjang busur luar zona subduksi (penunjaman).

Sedangkan ketiga lempeng ini bertemu di perairan Maluku yang menyebabkan terjadinya palung laut banda yang menjadi laut terdalam di Indonesia, akibat lain dari tumbukan ini adalah terbentuknya deretan pegunungan pasifik di Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku dan Pulau Irian.

Gambar Penampang melintang zona Subduksi lempeng indo-Australia di bawah pulau Jawa

Peta Tektonik Indonesia

Bila ditilik dari deretan jalur pegunungan, Indonesia terletak di antara dua bujur pegunungan muda (pegunungan yang lahir pada jaman tertier), yaitu Rangkaian Pegunungan Sirkum Pasifik dan Rangkaian Pegunungan Mediterania. Untuk mengetahui informasi-informasi geografi lainnya, selalu kunjungi geo-learning.com

Peta sirkum pegunungan Mediterania

Peta sirkum pegunungan Pasifik

Pembentukan pegunungan terdesak oleh tenaga tektogenese, sehingga Indonesia terletak pada daerah yang Iabil, banyak terjadi gempa tektonik, banyak memiliki gunung berapi yang masih aktif dan kaya tambang mineral.

akibat letak tersebut maka :

  1. Kepulauan Indonesia banyak memiliki gunung-gunung api yang masih aktif, yang berarti dapat menyuburkan daerah sekelilingnya..
  2. Terdapat bukit-bukit Tersier yang mengakibatkan terjadinya tambang batubara, minyak bumi dan sebagainya.
  3. Merupakan daerah yang masih Iabil artinya sering mengalami gempa bumi. Seringkali terjadi gerakan kulit bumi.

 

Coba sebutkan gunung-gunung di Indonesia yang termasuk deretan Mediterania dan deretan Sirkum Pasifik !!

Selanjutnya, dapat di baca di letak geografis Indonesia

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.