Apa itu Geografi ?

Tahukah kamu apa itu geografi ?

Apa yang terlintas dibenak sobat jika mendengar kata geografi ? Mungkin ada yang langsung membayangkan tanah atau batu-batuan, mungkin sebagian orang akan langsung membayangkan peta, atau sebagian yang lain akan mengatakan ilmu tentang negara-negara dan ibukotanya. Kebanyakan orang akan mendeskripsikan geografi demikian, tidak salah sih, apalagi memang sejak kita sekolah SD penekanan materi geografi dalam mapel IPS pada materi tersebut. Dan memang semuanya tidak salah, semua hal di atas emang dipelajari dalam ilmu geografi.

Namun apakah hanya itu saja yang kita pelajari dalam geografi ? tentu saja tidak, objek kajian geografi lebih luas daripada itu, Lalu apa saja yang dipelajari dalam geografi ?

lebih detail mengenai arti dan hakekat geografi

Pada mulanya geografi lebih dikenal sebagai ilmu bumi, bahkan dalam masyarakat lebih ditekankan pada ilmu yang kegiatannya menghafalkan nama-nama tempat, nama-nama bentukan alam, seperti gunung, sungai dan danau. Lebih dari sekedar ilmu tentang bumi, geografi tidak hanya mempelajari bumi dan isinya saja. Akan tetapi, geografi juga mempelajari gejala-gejala alam yang meliputi litosfer, hidrosfer, atmosfer, biosfer dan antroposfer dengan segala hubungan sebab akibat dan interelasi di antaranya.

Istilah geografi pertama kali dikemukakan oleh Erastothenes (176-194 SM). Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata geo yang artinya bumi dan graphein yang artinya tulisan atau lukisan. Jadi geografi adalah tulisan atau gambaran tentang bumi. Eratosthenes merupakan peletak dasar ilmu geografi.

Dalam perjalan waktunya, ada beberapa ahli yang kemudian mendefinisikan geografi, yang diantaranya :

  1. Hartshorne

Geografi adalah ilmu yang bertujuan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan dan rasional tentang sifat variabel dari permukaan bumi.

  1. Yeates

Geografi adalah suatu ilmu yang memperhatikan perkembangan rasional dari berbagai sifat yang beraneka ragam di permukaan bumi.

Selain itu ada juga ilmuan dari Indonesia yang mengemukakan pendapatnya, diantaranya adalah:

  1. Bintarto

Yang mendefinisikan geografi sebagai ilmu pengetahuan yang mencitrakan, menerangkan sifat-sifat bumi, menganalisis keadaan alam dan penduduk, serta mempelajari corak yang khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan waktu

Kemudian pada tahun 1989, berkumpulah para ahli geografi di Kota Semarang untuk merumuskan kesepakatan mengenai definisi ilmu geografi. Kemudian disepakatilah definisi geografi, yaitu ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena di geosfer (muka bumi) dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.

Demikianlah beberapa definisi singkat dan hakekat geografi,

jika artikel ini bermanfaat silahkan di share…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.